Kenapa Sprei Katun Jepang? Baca Ini Dulu Sebelum Beli Sprei Katun Jepang

Kamartidurminimalis.com – Hal-hal seputar tidur tidak bisa dianggap sepele. Mulai dari penataan ruangan hingga pemilihan barang-barang, semua perlu diatur sedemikian rupa agar kita bisa tidur dengan nyaman. Bicara soal kenyamanan, kamu pasti setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan kombinasi kasur yang empuk dan sprei yang lembut.

Sprei juga perlu dipertimbangkan dengan matang karena sangat menentukan nyenyak atau tidaknya tidurmu nanti. Nah, sprei katun Jepang bisa menjadi salah satu pelengkap untuk kasur empukmu.

Sebelum beli sprei katun Jepang, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Material Sprei Katun Jepang

Sprei katun Jepang adalah salah satu sprei katun impor yang paling umum dijumpai di Indonesia. Kualitas premiumnya yang sudah diakui oleh pasar internasional serta harganya yang masih terjangkau membuat banyak orang lebih memilih sprei katun Jepang dibandingkan sprei katun lain. Lalu, apa yang menjadikan sprei katun Jepang berkualitas premium?

Seperti namanya, sprei katun Jepang berasal dari pohon kapas yang ditanam di Jepang. Letak geografis Jepang serta udaranya yang bersih mendukung pertumbuhan pohon ini sehingga produksi katunnya pun memiliki kualitas tinggi yang alami.

Oleh sebab inilah, tidak sedikit produsen kain katun Jepang yang meninggalkan pestisida dan mengusung konsep kain katun Jepang organik. Di sisi lain, tidak sedikit pula produsen yang masih pestisida untuk pohon kapas karena permintaan katun Jepang yang semakin meningkat.

Nah, sprei katun Jepang sendiri dibuat dari 100% katun. Kualitas tinggi yang berasal dari pohon kapas membuat sprei katun Jepang lembut dan sejuk secara alami. Bukan hanya itu, sprei katun Jepang yang seluruh materialnya berasal dari tanaman juga menjadikannya pilihan yang aman bagi kamu yang mengikuti gaya hidup sehat.

Kelebihan Sprei Katun Jepang

Tekstur yang lembut dan dingin

Terdiri dari 100% katun, sprei katun Jepang memiliki tekstur yang lembut dan dingin secara alami. Cara menganyam sprei katun Jepang yang saling silang antara 1 benang dengan 4/7 benang lain membuatnya semakin halus. Karena sifat bahan yang seperti ini jugalah sprei katun Jepang sangat cocok untuk dipakai di daerah tropis seperti Indonesia ini.

Kerapatan bahan yang sangat baik

Sprei katun Jepang adalah salah satu sprei dengan ketebalan paling ideal di dunia. Bahannya lebih tebal dan lebih berat dibandingkan katun lokal tetapi tidak membuat gerah. Sprei katun Jepang yang tebal ini juga membuat serat-serat kasur tidak tembus ke permukaan saat kamu tidur.

Mudah menyerap keringat

Serat kainnya yang memiliki aliran udara membuat kain katun mudah menyerap keringat. Nah, karena sprei katun Jepang terbuat dari 100% katun, kainnya sangat breathable. Hasilnya, kamu akan tetap merasa nyaman meskipun kulit sudah bersentuhan dengan sprei dalam waktu yang lama. Tidak heran, sprei katun Jepang menjadi salah satu pilihan utama bagi yang susah tidur karena bahannya yang tidak terasa stuffy.

Semakin lama digunakan, semakin nyaman

Ada beberapa jenis kain yang akan rusak jika terlalu sering digunakan, seperti bahan poliester. Tetapi, lain halnya dengan katun Jepang. Banyak home & living blogger yang setuju bahwa rasa nyaman dari sprei katun Jepang adalah sesuatu yang bisa kamu rasakan seiring berjalannya waktu.

Meskipun sering dicuci dan usianya bertambah, kamu justru akan merasa semakin nyaman karena adanya kesan klasik tetapi familiar yang ditimbulkan. Oleh karena itu, sprei katun Jepang adalah salah satu jenis sprei yang paling tahan lama.

Motif sprei yang simpel

Sprei dengan motif yang simpel dan warna yang netral bisa membantumu tidur di kasur dengan lebih nyenyak. Nah, sprei katun Jepang memiliki dua kualitas ini. Produsen sprei katun Jepang berfokus pada desain yang tidak terlalu rumit  serta menggunakan warna-warna yang tidak mencolok untuk menekankan kedekatan dengan alam. Kalau kamu menyukai hal-hal yang simpel namun memiliki kualitas kelas dunia, sprei katun Jepang adalah pilihan yang tepat.

Anti tungau dan anti sinar UV

Serat sprei katun Jepang yang 100% alami dapat melindungi dari tungau. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika harus menyimpannya cukup lama di dalam lemari. Selain itu, sprei katun Jepang juga terlindung dari sinar UV. Jadi, kamu tidak perlu khawatir warna sprei akan pudar jika terlalu sering dicuci dan dijemur, karena pada dasarnya serat alami kain mampu mengikat warna dengan cukup baik.

Harga yang lebih rendah dibanding sprei impor lain

Banyak orang yang lebih memilih sprei impor karena percaya memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan sprei lokal. Kalau kamu adalah salah satu yang percaya akan hal ini, maka sprei katun Jepang bisa menjadi pilihan yang ideal. Meskipun kualitasnya masih di bawah sprei katun Mesir, bukan berarti sprei katun Jepang kualitasnya tidak bisa bersaing.

Kualitas premium sprei katun Jepang sudah diakui oleh pasar internasional dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Untungnya, kamu tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk mendapatkan sprei berkualitas dan tahan lama.

Kekurangan Sprei Katun Jepang

Sprei Bedcover Katun Jepang Motif Minimaslis Zigzag Biru JPM1910008
Sprei Bedcover Katun Jepang Motif Minimaslis Zigzag Biru JPM1910008

Bahan yang mudah kusut

Bahannya yang terbuat dari 100% katun memang menjadikan sprei ini lembut dan dingin. Tetapi di sisi lain, hal ini jugalah yang menyebabkan sprei katun Jepang mudah kusut. Untuk menjaganya agar kusutnya tidak awet, segera rapikan kasur setelah bangun tidur.

Kandungan kimia dari bahan non-organik

Banyaknya permintaan sprei katun Jepang membuat para produsennya bersaing untuk menghasilkan produk dengan kualitas sebaik mungkin dalam jumlah sebanyak mungkin. Sayangnya, terkadang ini berarti mereka mengorbankan keramahan lingkungan dengan menggunakan pestisida dan pupuk kimia pada pohon kapas. Bukan hanya pada lingkungan, dalam jangka panjang, kandungan kimia ini juga bisa berakibat buruk pada kesehatan kulit yang terkena sprei. Oleh karena itu, organik atau tidaknya sprei katun Jepang juga perlu dipertimbangkan.

Harga yang lebih tinggi dibanding sprei katun lokal

Tentu saja, meskipun sprei katun Jepang terbilang cukup terjangkau dibandingkan sprei impor lain, masih banyak sprei yang harganya di bawah sprei katun Jepang. Salah satunya adalah sprei katun lokal. Tidak sedikit yang lebih memilih sprei katun lokal dibandingkan sprei katun Jepang karena harganya yang lebih terjangkau. Jadi, pertimbangkan lagi kualitas atau kuantitas yang sedang kamu cari.

Perawatan Sprei Katun Jepang

Sprei Bedcover Katun Jepang Motif Dinosaurus JPA1910017
Sprei Bedcover Katun Jepang Motif Dinosaurus JPA1910017

Pada dasarnya, semua sprei perlu dirawat dengan hati-hati, khususnya pada saat mencuci. Tetapi, untuk sprei katun Jepang yang bahannya premium, ada beberapa langkah perawatan khusus yang perlu dilakukan.

  • Jangan menyikat sprei katun Jepang dengan keras karena akan merusak kerapatan benang dan merusak permukaan sprei.
  • Agar warnanya semakin tahan lama, balik bagian dalam sprei katun Jepang sebelum dicuci.
  • Cuci dengan air hangat agar serat kain sprei katun Jepang tetap kuat.
  • Jangan gunakan softener karena akan mengurangi daya serap dan kelembutan sprei katun Jepang.
  • Keringkan sprei katun Jepang dengan metode hang dry dan lebih baik tidak menggunakan mesin pengering karena akan menyebabkan kerutan.

Tips Memilih Sprei Katun Jepang

Khususnya bagi kamu yang ingin beli sprei katun Jepang di e-commerce, berikut beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbanganmu.

Pilih sprei dengan thread count minimal 300

Thread count adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tautan benang (secara vertikal dan horizontal) di setiap inci kain. Misalnya sprei memiliki 300 thread count, maka ada 300 tautan benang di setiap satu inci sprei tersebut. Menurut banyak sumber, semakin tinggi thread count, semakin baik pula kualitas sprei.

Kualitas yang dimaksud di sini adalah kelembutan dan keawetan sprei. Nah, untuk sprei katun Jepang, sangat disarankan untuk memilih dengan minimal thread count 300. Informasi ini bisa kamu dapatkan di bagian deskripsi produk.

Perhatikan gambar pada foto dan intensitas pencahayaan

Color disclaimer agar kamu mempertimbangkan pencahayaan monitor perangkat elektronikmu. Agar tidak kecewa dengan warna sprei katun Jepang yang kamu beli, selalu perkirakan sesignifikan apa pencahayaan monitormu. Bandingkan dengan pencahayaan yang berbeda-beda.

Beli dari penjual yang reputasinya terpercaya

Cari tahu pengalaman orang-orang yang sudah membeli sprei katun Jepang dari toko atau e-commerce tertentu. Lebih lagi di zaman digital seperti sekarang, kamu tinggal kunjungi web browser untuk mencari testimonial mereka. Jika paling tidak 85% dari mereka memberikan feedback positif, jangan ragu lagi untuk membeli dari sana.

Setelah memperhatikan hal-hal di atas, apa kamu sudah semakin yakin untuk beli sprei katun Jepang? KaJep.com menyediakan berbagai variasi sprei yang bisa kamu pilih lho, cari sprei favoritmu sekarang yuk!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *